2 bulan di perantauan

Gak terasa, 2 bulan sudah kami sekeluarga tinggal di kota Turku, Finland. Jauh dari kota kelahiran kami tercinta Bandung, Indonesia. Kangen Indonesia? Bangeeeeeet, yang pasti kangen teman-teman dan keluarga yang selalu bisa dengan mudah ditemuin kalo lagi kangen, bisa ngobrol seru-seruan dengan bahasa Indonesia tanpa harus mikir ini bahasa inggris nya apa yah? dan candaan garing bahasa sunda yang gak bisa ditemuin dimanapun. Dan tentunya makanan Indonesia yang aduh gak usah dijelasin deh nikmatnya. Terus betah gak tinggal di Finland? yah sejauh ini betah-betah aja sih, dibalik dinginnya cuaca disini, yang sekarang lagi musim gugur (autumn/fall) dimana daun daun lagi pada berguguran, hampir semua daun udah pada gugur. Dan rata-rata udara udah dibawah 10 derajat, bahkan beberapa hari yang lalu udah sampai -6 loh, padahal winter juga belum.
fall autumn finland
Gak tahan liat daun daun yang menguning cantik, di pinggir jalan pun foto-foto

autumn finland
Jalan-jalan ke Turku Castle

Musim gugur sudah memasuki musim dimana gelap semakin panjang dan matahari lebih sering sembunyi di balik awan, ga nongol-nongol, malah kadang hujan. Jam 8 pagi baru mau terang dan jam 16.30 udah mau gelap lagi. Kalo liat langit bawaannya jadi gloomy deh, makanya di rumah (eh apartemen) saya selalu puter musik di youtube keras keras biar gak gloomy gloomy amat. 
Belum kebayang nanti winter akan sedingin apa, dan segelap apa, yang pasti kita selain siapin kostum, juga lagi siapin jiwa raga nih biar kuat menghadapi musim salju, yang katanya tahun kemarin juga bisa sampai -25 derajat 😅

Dingin, sepi, makanan asing, bahasa asing, kangen keluarga, kangen bakso, duh itu makanan favorit banget deh, sampe semalem kemimpiin disini ada warung bakso (kasian amat) tapi dibalik itu semua kita harus kuat, karena ini mimpi kami (saya dan suami) sejak lama, untuk bisa tinggal di luar negeri, punya kesempatan nyekolahin Treya disini, karena katanya Finland ini punya sistem pendidikan terbaik sedunia, dan katanya juga negara Finland ialah negara terbahagia di dunia. Beruntung banget bisa nyicip tinggal disini, jadi ambil sisi positif nya aja deh yah.

Comments

Popular Posts