Naik pesawat 14 jam bersama bayi 3 bulan ke Finlandia Eropa

Ini adalah cerita perjalanan kami pada April 2018 lalu, perjalanan naik pesawat kami yang pertama dengan full anggota keluarga, biasanya saya hanya pergi dengan suami saya, atau teman teman.
Setelah proses pembuatan visa dan passpor -yang ribet itu selesai, kami dipesankan tiket oleh kantor suami ke Finlandia. Jadi ini bukan wisata biasa, suami saya memang direncanakan untuk di relokasi bekerja di Finlandia pada bulan Juli 2018 (rencananya), naah kami diundang dulu kesana untuk tahu gimana sih keadaan di negara finlandia itu? kira-kira bakal betah gak yah kita tinggal disana?
Disini saya akan menceritakan gimana sih perjalanan naik pesawat dengan bayi yang umur nya baru 3 bulan? iyaaaa anak saya yang ke 2 baru berumur 3 bulan waktu itu, sebenernya udah ditawarin mertua buat ditinggal aja dan diurus sama mertua ku dulu, tapiiii eh tapiiii gak tega deh ninggalinnya, apalagi masih asi eksklusif, takutnya seminggu ditinggal pergi jadi gak mau mimi langsung, dan kebayang pd bengkak kaya apa klo ga disusuin, kalo dipompa pun ribet bawa-bawa asipnya pulang di pesawat. Jadi karena atas dasar itulah kami memutuskan buat bawa dede nevan ke Eropa nun jauh disana. Tanpa nanny, tanpa bantuan ortu, hanya bersama suami, dan anak pertama saya yang berumur 6 tahun.
Kami dapet jadwal pesawat take off dari Jakarta sekitar jam 18.30 menuju Singapura, kemudian dari Singapura menuju Helsinki take off jam 22.50. Sengaja kami mengambil jam malam agar di pesawat kita bisa tidur, terus tau-tau udah nyampe deh.
Saya pergi dari rumah jam 09.30 pagi karena takut macet, tau kaan Bandung Jakarta sekarang lagi macetnya kaya apa? tapi alhamdulillah sekitar jam 1 siang kita udah sampe Jakarta. Solat, makan, ini itu tiba-tiba udah sore aja. langsung kita masuk ke gate yang udah bener-bener pengantar ga boleh ikut masuk, di dalem sepi, dan baru tau lah sekarang di Bandara Soekarno Hatta ada kursi panjang-panjang yang bisa kita pakai buat lurusin kaki, lumayan sodara-sodara.
bandara soekarno hatta
istirahat dulu sambil nunggu boarding

Sambil nunggu biar bayi ga kesel saya sambil bawa jalan-jalan gantian sama suami, dan kebanyakan nih bayi maunya digendong aja pake baby carrier, ga mau naik stroller. Kebanyakan stroller malah dipake buat nyimpen tas gendong kita.
Setelah delay 1 jam akhirnya kita siap-siap take off, oiya perlu dicatat bahwa keluarga dengan anak kecil (terutama bayi) akan dipersilahkan untuk masuk pesawat duluan, jadi bisa dengan tenang nyimpen tas kabin dan mengatur anak kita buat duduk dengan manis di kursinya.
Dari Jakarta menuju Singapore ini kita naik pesawat Garuda, tau lah yah garuda, walaupun kelas Economy tapi kenyamanan tetap terjaga, perut juga kenyang, malah Nevan bayi yg baru umur 3 bulan aja dikasih makanan bayi Heinz yang pake jar itu looh, padahal dia belum boleh makan mpasi kan, alhasil dibekel deh buat nanti kalo udah 6 bulan, lumayan kan :D
Di pesawat dari Jakarta menuju Singapura sih ga ada masalah yah karena cuma 2 jam. Nah yang ricuh itu setelah kita sampe bandara Singapura, kita transit cuma 2 jam sedangkan tadi aja udah kepotong delay 1 jam. Mana Bandara Singapura segede apa kan jadi kita lari-lari buru-buru cari tempat check in, sambil saya gendong bayi dan dorong stroller yang isinya malah jadi tas ransel. Mana jauh aja dari tempat kita turun pesawat menuju terminal kita tempat naik pesawat. Sampe di gate kita buat naik pesawat para penumpang udah pada ngantri panjang buat naik pesawat, fiuhh untung gak telat!
Nah ini diaaa saat saat kesabaran dan kekuatan kita sebagai orang tua diuji (halaaahh). Take off nya tuh kan jam 22.50 malam yah dan itu adalah waktu Indonesia bagian rungsing kalo kata kita, waktu nevan umur segitu tiap jam segitu suka nangis-nangis, gak mau tidur atau mimi, harus digendong-gendong. Jadi di pesawat pun begitu, udah jam 12 malem nangis-nangis belum mau tidur, sedangkan saya udah capeeeee banget dan ngantuk 😭 disitu saya ngerasa kagum juga sama diri sendiri, bukannya narsis yah, tapi gak nyangka aja saya bisa juga melalui semua itu. Nangis nya bayi di pesawat tuh gak se-wajar nangis nya bayi di rumah, secaraa yah banyak penumpang lain di depan, belakang, dan samping kita, jadi selain stress karena cape, tapi gak enak juga kan bikin berisik orang lain, mana itu jam tidur pula, huft. Setelah beberapa lama akhirnya nih bayi tidur juga setelah berbagai perjuangan, berhubung kita waktu itu gak pake bassinet (keranjang buat bayi di pesawat) karena waktu kita pesan sudah full book bassinet nya. jadi nih bayi tidur di pangkuan saya selama perjalanan.
bayi di pesawat
Pagi hari waktu bayi masih belum bangun


naik pesawat ke eropa
full team!


Dari Singapore ke Helsinki ini kita naik Finnair, pesawat nya Finlandia, makanan nya cukup enak, entertainmentnya lengkap, bahkan kita bisa lihat pemandangan di atas awan tampak depan pesawat dan tampak bawah pesawat dari layar yang ada di kursi kita.
Alhamdulillah akhirnya sekitar jam 7 pagi waktu Helsinki kita tiba dengan selamat setelah perjuangan perjalanan yang panjang bersama bayi. Dari Bandara Helsinki pun kita masih harus naik kereta bandara menuju kota Helsinki, karena bandara ini sebenarnya agak jauh dari kota Helsinki sendiri, sebenarnya nama daerah nya Vantaa, bukan Helsinki. Kemudian lanjut lagi dari Helsinki kita naik kereta ke kota Turku, kota tempat dimana suami saya akan bekerja. 

Dari perjalanan panjang dan penuh perjuangan waktu itu saya mau share tips buat kalian yang mau traveling atau perjalanan naik pesawat bersama bayi 3 bulan, terutama yang naik pesawatnya lama yah.
1. Bawa bantal menyusui
karena di pesawat bayi akan tidur di pangkuan kita selama perjalanan, jadi akan lebih nyaman kalo bayi tidur diatas bantal menyusui yang gede itu. Sebenernya hampir di semua pesawat perjalanan jauh ada bassinet untuk bayi, semacam cot/ tempat tidur bayi yang ditempel di dinding pesawat. tapi kadang udah full booked jadi ga kebagian. kaya perjalanan kami di bulan april ini, kita ga kebagian bassinet jadi bayi full dipangku.
2. Bawa headphone bayi
udah tau kan tekanan udara di dalem pesawat kalo lagi take off dan landing berubah? bisa menyebabkan sakit telinga, buat orang dewasa atau anak yang udah gedean bisa disuruh ngunyah permen karet atau nelen ludah, tapi kalo bayi harus disusuin atau ngempeng, tapi kalo bayi gak mau? makanya solusi lain adalah pakein headphone, waktu itu saya pakai yang ems earmuff. Selain untuk mengurangi tekanan udara, headphone dipakai buat meredam suara pesawat yang bising.
3. Gantiin popok dulu sebelum take off/landing
ini pengalaman pribadi banget, waktu itu nevan pup pas banget pesawat mau take off, terus kita malah ricuh langsung gantiin popok di pesawat, alhasil digedor-gedor sama pramugari supaya cepet keluar toilet karena pesawat mau takeoff!
4. Pergi di saat jam tidur bayi
5. Buat yang asi eksklusif jangan lupa bawa nursing apron biar leluasa menyusui kapanpun dimanapun
6. Bawa stroller
    Biar ga pegel gendong terus, jangan lupa cek ke maskapai penerbangan nya apakah stroler boleh dibawa sampai pintu masuk pesawat atau tidak. Pengalaman saya kemarin naik Garuda, stroller boleh dibawa sampai pintu pesawat, di pintu pesawat stroller akan diambil oleh pramugari dan diberi tanda. Ketika turun pesawat kita tinggal mengambil lagi stroller kita ke pramugari di pintu keluar pesawat. Waktu itu sih pas keluar pesawat strollernya udah nungguin di lorong tempat keluar pesawat.
7. Bawa gendongan bayi
Kalau saya bawa 2 macem, gendongan depan ergo dan gendongan sling ke samping biar lebih nyaman kalau menyusui sambil digendong.
8. Baju ganti untuk ibu
kalau baju ganti bayi dan segala macem peralatan bayi pasti ga lupa bawa dong yah, nah kadang suka lupa peralatan ibu nya, ibu juga wajib bawa baju ganti yah apalagi di pesawat lama, karena baju bisa aja basah sama muntahan atau sama asi yang meleber-leber.

Segitu dulu yah cerita perjalanan kami di bulan April 2018. Goodluck buat yang mau travelling sama baby, siapin kesehatan dan mental yang kuat :D 
See you di post selanjutnya! 
Oiya ini video perjalanan kita menuju Finland di bulan april kemarin, akhirnya setelah berabad abad selesai diedit juga. Selamat menonton!





ps: ini cerita yang udah di ketik beberapa bulan lalu tapi baru di post sekarang karena kesibukan kami dalam rangka pindah negara. 

Comments

Popular Posts