Naik cruise ke Stockholm, Sweden

Liburan akhir tahun kali ini kita isi dengan jalan-jalan naik cruise ke Stockholm, Swedia. Tiket cruise nya sudah dipesan sejak beberapa minggu sebelumnya. Kami naik cruise dari perusahaan Viking Line dari kota Turku tempat tinggal kami. Pesannya dari website https://www.vikingline.fi
Kami memesan paket cruse 1 day in Stockholm, jadi berangkat dari Turku Jumat malam, lalu sampai di Stockholm sabtu pagi, dan sabtu malam kita sudah kembali naik cruise untuk pulang ke Turku. Kemudian sampai kembali ke kota Turku di Minggu pagi.

Jadwal berangkat dari Turku hari jumat, jam 20.55 malam, tapi kami harus hadir 1 jam sebelumnya untuk check in, yap mirip mau naik pesawat kita harus check in dulu, tapi ini tinggal check in di mesin otomatis, lalu nanti akan keluar tiket cruise kita yang berisi nama kita, gate keberangkatan, dan nomor kamar.

tiket viking line
tiket cruise

Tiket ini juga dipakai untuk tiket masuk ke dalam cruise dan sebagai kartu kunci untuk masuk ke dalam pintu kamar kita. Kamar di cruise ini ada berbagai tipe, sama seperti kamar hotel. kita mengambil kamar dengan 1 king bed dan 1 single bed, kamar nya kecil tapi lengkap ada kamar mandi, handuk, bahkan hair dryer dan TV. Walaupun dari kamar ini kita tidak bisa lihat pemandangan laut, tapi setelah dipikir-pikir serem juga sih kalau harus melihat pemandangan laut di malam hari. Yang ada hanya air laut dan gelap gulita.

Setelah kami menyimpan koper di kamar, kami pergi jalan-jalan di dalam cruise Viking Grace ini, di dalam nya ada restoran, club, bar, tempat shopping tanpa pajak (walaupun tanpa pajak tetep mahal sih, karena yang dijual barang branded semua, seperti Fred Perry, Guess, Calvin Klein, dll), dan juga ada 2 tempat playground untuk anak-anak. di dalam tempat main anak-anak ini ada xbox juga.  Ketika kami sedang bermain di plaground, tiba-tiba ada perempuan yang datang dan memberi pengumuman dalam bahasa Finnish, dan orang-orang pun tiba-tiba keluar dari tempat playground itu. kami yang tidak mengerti ikut saja keluar dari playground. Ternyata diluar ada badut berbentuk kucing, maskot dari cruise tersebut, namanya Ville viking. Ditemani badut tersebut, perempuan tadi mendongeng (dalam bahasa finnish tentunya) kemudian menari bersama, wah seru juga ya. kemudian di akhir acara ada sesi foto-foto bersama Badut tersebut.  Setelah lelah bermain kami kembali ke kamar, karena waktu sudah menunjukan pukul 11. kami tidur dulu agar tidak terlambat bangun besok, karena kami harus turun dari cruise jam 6.30 waktu Stockholm.

Keesokan hari nya kami segera siap-siap untuk turun dari cruise tersebut, dan ternyata ada petugas cruise tersebut yang mengetuk pintu dan (mungkin) memberitahukan kita untuk siap-siap keluar kamar. Kita tidak mengerti tentunya karena orang tersebut berbicara bahasa Finnish. Setelah semua siap kami meninggalkan kamar dan siap siap di lantai 6 tempat keluar dari cruise. Malam sebelumnya kami sudah menanyakan dimana tempat turun dari cruise dan juga sudah menukar beberapa uang EUR ke SEK (krone) di cruise. Setelah turun dari cruise kami agak bingung karena waktu masih menunjukan pukul 6.30 pagi, rencana nya kami akan mencari Mc Donalds terdekat untuk mencari sarapan (karena hanya McD yang sudah buka sepagi itu) Sebelum naik bis kami menyimpan koper di loker yang tersedia di Terminal Viking Line Sweden, lokernya berbayar tentunya, bayarnya bisa pakai uang krone atau dengan debit card/credit card. Debit card yang kita pakai ialah debit card keluaran Bank Nordea, jadi bisa dipakai disana, entah kalau pakai debit card dari Bank Indonesia. Bank Nordea mempunyai logo Visa dibelakangnya, mungkin bisa juga menggunakan Debit dari Bank Indonesia selama ada logo Visa nya. Selama di Sweden juga kebanyakan kami memakai kartu debit Nordea ini.

Setelah menyimpan koper kami memutuskan untuk sarapan di Mcdonalds terdekat, setelah mengikuti arahan dari google maps, kami naik bis. Sebenarnya kami belum membeli tiket bis karena di sekitar situ tidak ada toko atau mesin tempat membeli tiket bis, akhirnya saya menyiapkan yang cash untuk membayar langsung ke driver, yang katanya ongkos nya akan lebih mahal kalau beli tiket ke supir bis langsung daripada beli dulu di mesin atau di toko. Tapi ketika kami naik bis kami bingung, kok banyak orang dewasa yang tidak membawa strollet naik bis dari tengah dan tidak bayar yah? Naik bis di Swedia ini memang sama dengan naik bis di Finlandia, Orang dewasa yang membawa bayi menggunakan stroller bisa naik bis dengan gratis, dan anak dibawah 7 tahun pun gratis, dengan cara masuk bis nya dari pintu tengah. Akhirnya suami dan anak-anak saya masuk lewat pintu tengah, dan saya masuk lewat pintu depan dengan tujuan mau beli tiket ke driver. Tapi ketika saya bertanya ternyata saya tidak bisa membeli tiket melalui supir bus, tapi supir bus mempersilahkan saya naik dengan cuma-cuma. Aneh juga yah, kalau di Finland saya pernah naik bis dan hanya ada uang 100 euro which is si drivernya ga punya kembalian karena uang saya terlalu besar, saya disuruh turun bis di depan supermarket dan suruh nuker uang dulu terus naik bis yang lain.

Akhirnya kami sampai di Mcd, tapi ternyata masih tutup, padahal di google keterangan nya masih buka. kemudian kami melihat stasiun kereta di dekat Mcd tersebut, di Stasiun tersebut ada supermarket kecil, biasanya di supermarket kecil seperti itu dijual tiket bis juga. Dan benar juga, suami saya pun membeli tiket bis terusan (SL Travel card) untuk 24 jam kalau tidak salah seharga 120 krone untuk harga tiketnya, 20 krone untuk harga kartu baru nya. Jadi dengan tiket itu bisa bebas naik turun angkutan berlogo SL selama 24 jam. Dan kartu tiket nya bisa disimpan untuk diisi ulang jika kembali ke Swedia. Saya tidak beli karena kami hanya akan naik bis, dan kalau naik bis, 1 orang dewasa dengan stroller gratis. Sabtu minggu juga anak umur 7 tahun gratis. Info lengkap mengenai angkutan SL ada disini https://sl.se/en/

Kemudian kami balik lagi ke Mcd yang akhirnya sudah buka. Setelah sarapan kami melanjutkan perjalanan ke Gamla Stan naik bis, disana suhu sedang minus 2 derajat celcius tapi rasanya dingiiin sekali, karena kami lama berjalan-jalan di luar ruangan.

Gamla Stan

Gamla stan (old town) itu nama daerah yang didalam nya banyak bangunan tua, banyak jala-jalan kecil yang hanya untuk pejalan kaki dan di kanan kirinya banyak toko souvenir oleh-oleh Swedia atau toko-toko baju yang berlabelkan tax free (bebas pajak) Disana juga ada beberapa restoran yang katanya sih mahal-mahal, tapi ada burger king juga yang harganya mungkin tidak akan terlalu mahal. Kami berjalan-jalan dan membeli oleh-oleh swedia, saya membeli magnet kulkas saja, souvenir yang sedang saya koleksi dari berbagai negara yang pernah saya kunjungi. harga magnet kulkas nya sama dengan di Finlandia, mahal-mahal, mulai dari 350 SEK keatas. Disana kami juga melihat upacara pergantian istana kerajaan, yang sebenarnya tidak terlalu meriah karena ini sedang musim dingin. katanya kalau sedang musim panas upacara nya lebih meriah dan lebih lama.

Upacara pergantian penjaga istana
Upacara pergantian penjaga

Stockholm
Pemandangan kota Stockholm

Usai melihat upacara tersebut kami memutuskan untuk mengunjungi Tekniska museet (museum of technology). Perjalanan melewati city center sambil menikmati pemandangan pusat kota Swedia. kunjungan kesini random banget, gara-gara Treya liat dari brosur stockholm trip, dan kelihatannya menarik untuk anak-anak. Akhirnya kami memutuskan untuk kesana saja.  Info lengkap mengenai museum ini ada disini https://www.tekniskamuseet.se/en/

museum of technology
Tekniska museet

Harga tiket nya 150 SEK per orang mulai usia 7 tahun keatas. 6 tahun kebawah free. Museum nya worth to visit sih untuk keluarga yang punya anak-anak seumuran anakku, tapi remaja juga oke. banyak hal menarik di dalam nya yang berhubungan dengan technology, ada juga area bermain anak-anak yang masih berhubungan dengan teknologi, ada tempat main games juga. Kami sih setengah hari disini rasanya tidak cukup, harus nya dari pagi sampai tutup. Karena disini juga ada cafe yang menjual makanan jadi tidak usah khawatir kalau kelaparan. Walau menu makanannya tidak terlalu banyak pilihan, dan berbeda selera dengan lidah asia, dan harganya pun standar eropa lah (sekitar kurang lebih 100 SEK per porsi) Setidaknya mengobati perut kami yang keroncongan. Disana juga ada ruangan untuk menyusui jadi saya bisa menyusui nevan dulu sambil menunggu kakak nya main. Bangunan nya terdiri dari beberapa lantai, jadi jangan lupa untuk menjelajah sampai ke lantai paling atas yah. Kami disana sampai museum tutup yaitu jam 5 sore.

Karena takut terlambat naik cruise, kami memutuskan untuk langsung menuju terminal cruise satelah dari museum. padahal cruise baru boarding jam 8 malam. Proses nya sama seperti saat kami berangkat. Setelah mengambil koper di loker, kami check in lewat mesin yang ada disana. Dan di dalam tiket sudah ada nomer kamarnya. Untuk pulang nya kami naik cruise Amorella, cruise nya lebih tua daripada viking grace, ketika kami masuk, agak tercium bau kayu tua di dalamnya, interiornya juga agak jadul kalau dibandingkan dengan Viking grace yang lebih modern. tapi fasilitasnya kurang lebih sama, ada playground dan cafe juga. karena sudah cape kami tidak keliling-keliling tapi kami memutuskan makan malam disana. Makanannya sistem buffet tapi harga nya dihitung per 100gr, saya lupa berapa, tapi setelah ditotal sih sama saja harga nya dengan harga makanan normal perporsi. Dan air putih nya sayang nya tidak gratis.

Naik cruise Amorella ini lebih terasa getarannya daripada viking grace, entah karena cruise nya sudah tua atau karena kamar kami terletak di lantai paling bawah cruise. Jadi getaran nya lebih terasa, agak seram juga sih. Tapi kami langsung tidur saja karena kami sudah kelelahan, dan besok harus sudah keluar cruise pagi-pagi sekali.

Biaya tiket cruise ini cukup murah, untuk 1 kamar yang bisa diisi maksimal 4 orang, total biaya untuk cruise nya saja 85 euro pp. Itu sudah sedikit upgrade kamar untuk di cruise viking grace. Jika tidak upgrade biaya nya bisa lebih murah. Untuk pembayarannya saya tidak tahu bisa pakai credit card atau tidak, karena saya membayar dengan menggunakan kartu debit dari Bank Nordea. Saat saya beli sedang harga promo, tapi memang Viking Line ini sering mengadakan promo dengan harga cukup murah. Selain ke Stockholm ada rute lain juga dari Turku, yaitu ke Aland Island. Dan dari Helsinki kita bisa keTallin Estonia. Bulan Februari saat winter holiday rencana nya kita mau naik cruise lagi, mungkin mencoba rute lain seperti ke Estonia atau ke Aland Island.